Pages

Hayo yang Suka Copy-Paste, Lakukan Ini untuk Menghargai Penulis

memecenter.com

Pada postingan ini aku tidak sepenuhnya menyindir pada teman-teman yang suka mengcopy artikel yang kalian anggap menarik dan mempostingnya di blog pribadi. Tidak menampik kemungkinan bahwa aku juga seringkali melakukan itu. Siapa sih yang nggak suka membaca artikel yang menarik dan menginspirasi? kalian suka kan? rasanya kalau sudah menemukan artikel yang bagus kita ingin menulisnya di blog pribadi guna dibaca ulang oleh pengunjung, bisa jadi artikel tersebut menjadi daya tarik bagi pengunjung. Oke, pada dasarnya sebagai penulis oke-oke saja jika artikelnya ditulis lagi di blog orang lain. Cumanya nih demi menghargai penulis kita sebisa mungkin menghargai penulis yang sudah berlelah-lelah menulis dengan hasil pikirannya, eh tahu-tahu ada orang yang seenaknya comot dan mengklaim artikel tersebut adalah tulisannya di laman pribadinya.. Uuh sakit, kan? Aku yakin pembaca pasti jengkel plus bakal mencak-mencak kalau nemu orang model gini kan? Malah jangan-jangan artikel yang mau kita comot itu sebenarnya punya hak cipta dan kalau kalian seenaknya mempostingnya di blog kalian tanpa mencantumkan sumbernya, maka kalian akan dituntut melakukan plagiarisme dan berakhir dengan kalau ngga denda ya penjara.. nggak mau kan berakhir seperti itu? aku juga begitu, kawan, sakit tahu kalau nemu artikel serupa di blog lain tapi nggak dicantumin sumbernya. Maka lakukan hal yang ingin kalian ingin diperlakukan, kalau pengen dihormati ya hormatilah orang lain dengan cara hargailah penulis.

Tips Copy Paste ala saya :)

  1. Pastikan kebenaran berita tersebut, nggak boleh hoax loh ya, kalian harus kritis dalam memilah berita yang baik dan tidak baik.
  2. Kalau mau comot artikel itu kalau bisa minta ijin sama yang punya blog, caranya? ya dengan tulis komentar buat ijin share artikelnya.
  3. Kalau yang punya blog nggak respon komentar kita gimana? bisa jadi mereka jarang buka blog (termasuk aku) ya kalau tetap ngotot pengen copy-paste artikel tersebut ya harus tetap cantumin sumbernya oke?
  4. Lanjutan nomor 3, jangan lupa cantumkan sumber blog tersebut dengan judul aslinya
  5. Kalau di blog tersebut yang kita ingin ambil artikelnya menampilkan sumber artikel, maka kalau bisa sih di klik aja link sumber tersebut, karena bisa jadi sumber yang ditulis oleh orang tersebut asli tulisan orang tersebut. Jadi yang kalian tulis itu ya dari sumber aslinya, bukan dari blog yang mengambil tulisan tersebut.

Anindya Octaviani Ekawitri

Berasal dari Bontang dan merupakan mahasiswa Psikologi. Sangat menyukai hal yang berhubungan dengan psikologi, agama, seni, pengembangan diri, kuliner, dan Pelayanan Sosial

1 comment:

Aprillia Ekasari said...

Copy paste haram hukumnya hehe TFS :D
Salam kenal mbak :)