Pages

Merdeka!




Merdeka! Gambar diambil dari situs Dakwatuna.com


Selamat malam, wow hari ini bertepatan dengan tanggal 17 Agustus! Hari kemerdekaannya Indonesia yang ke 71. 17-71 cantik sekali angkanya. Merdeka itu banyak maknanya terutama menghormati para pahlawan yang dengan gagah berani membela negeri Indonesia. Tidak hanya sekedar menghormati para pahlawannya tapi juga menghormati negeri kita tercinta ini.

Waktu jamanku dulu masih kecil, tk-sd upacara diadakan tiap hari senin di sekolah maka wajar aja sih kalau jamanku dulu meski kelas satu sudah hapal sama pancasila maupun uud 1945 karena setiap senin selalu dibacakan kepada murid. Anak jaman sekarang? Miris!

Saat ini aku bekerja (sementara) di rumah penitipan anak di Surabaya. Anak-anaknya belum hapal pancasila secara lancar 😭 kalaupun bisa menyebutkan kelimanya itupun hanya secara berurutan dan kadang ya mereka masih rada lupa.... Kalau ditanya secara acak misalnya sila kedua bunyinya apa, mereka gak bisa jawab. Wajarlah, jaman sekarang upacara tidak sesering jamanku dulu, maka tak heran kalau anak-anak belum hapal pancasila. Pancasila aja gak hapal apalagi uud? Maka tugasku (dan tugas kakak lainnya juga) mengajarkan kembali mengenai pancasila kepada anak-anak tentunya dengan aktifitas yang menyenangkan.

Tidak hanya hapalan pancasila tapi juga perwakilan simbolnya. Tau kan simbolnya? Yang burung garuda beserta isi di dalam perutnya, hehe. By the way mungkin pembaca bingung ditambah kaget, aku mengucapkan selamat hari raya kemerdekaan kok ya baru sekarang? ehehe sebenarnya sih sudah dari kemarin, tapi di blog satunya. Jadi ya aku juga sekalian posting di blog ini juga. Terima kasih sudah mau membaca curhat saya.

Anindya Octaviani Ekawitri

Berasal dari Bontang dan merupakan mahasiswa Psikologi. Sangat menyukai hal yang berhubungan dengan psikologi, agama, seni, pengembangan diri, kuliner, dan Pelayanan Sosial

No comments: