Pages

Panduan Mudah Hapus ''Ads by CinPlus-2.4c'' Virus

Sudah beberapa lama ini saya sering dihadapkan dengan pop-up dan iklan-iklan tidak jelas yang sering bermunculan ketika saya sedang browsing internet dan bagi saya itu sangat mengganggu. Selain CinPlus, ada satu lagi iklan pop-up yang juga sering bermunculan di sudut-sudut layar yang ternyata berisi adegan seks tanpa sensor, kalau gak salah Wajam. Duh, sakitnya tuh disini ya toh *tunjukmata, ngenes ngeliatnya, grrrr -_- Bahkan yang lebih bikin saya tambah gemas lagi, hanya sekedar klik saja, tau-tau sudah pop-up dan buka layar baru berkali-kali, jadinya mesti tutup satu-satu deh! hmmm


Antivirus, gambar diambil dari seasnet.ucla.edu
Kejadian ini saya biarkan selama berbulan-bulan karena tidak tahu cara menghilangkannya. Kalau dibilang mengganggu ya.. jelas mengganggu! tapi ya mau bagaimana lagi~ sabar-sabar sajalah. Saya pikir mungkin penyebabnya gara-gara saya suka download berbagai aplikasi, jadinya efeknya seperti ini. Meskipun saya sudah mencoba untuk menghapus beberapa aplikasi yang menurut saya punya potensi berbahaya, tetapi tetap saja ketika buka internet hasilnya tetap sama dan gak beda jauh tuh.

Iklan CinPlus biasanya muncul dengan menawarkan produk berupa pakaian, mobil, dan lainnya. Bahkan di CinPlus juga memuat situs terkenal seperti Lazada maupun Baidu (antivirus). Terkadang ketika pop-up terdapat tulisan peringatan yang bertuliskan "Windows 8 anda terdeteksi 3 virus, segera perbarui antivirus anda". Meski begitu kadang takut juga untuk mendownload, khawatir akan ada virus yang masuk dan menjadikan laptop saya semakin lemot.

Selama liburan ini saya mencoba untuk menghapus beberapa perangkat laptop yang kurang diperlukan dan mulai rajin men-scan laptop dengan antivirus. Dengan antivirus saya mencoba melacak beberapa aplikasi dan berhasil menemukan salah satu aplikasi yaitu Wajam. Segera saya uninstall dan saya hapus. Hasilnya ketika saya buka internet, saya tidak menemukan lagi iklan yang merusak mata saya (adegan blue film). Meskipun begitu, ternyata penderitaan saya belum berakhir. Ternyata CinPlus, yang awalnya saya kira iklan yang sama dengan wajam, masih tetap muncul dan justru CinPlus-lah pemicu seringnya muncul pop-up.

Pada beberapa hari yang lalu, ketika saya sedang membuka situs penjualan tiket online, saya sedang iseng mencari tanggal dan biaya tiket pesawat tujuan Balikpapan-Tokyo. Sekitar 3 jutaan! nggak sanggup untuk anak kos-an sepertiku, kecuali aku nabung. 
Balik ke topik, setelah saya selesai membuka situs tiket tersebut dan membuka situs lain, entah mengapa selalu muncul iklan tiket pesawat sari situs tersebut, dan tulisan dari iklan tersebut tiket pesawat tujuan Balikpapan-Tokyo. Saya heran, apa situs ini mampu meng-copy dan meniru ya? sampai bisa menampilkan kembali situs yang sudah saya buka.                                                                                                                             

Anindya Octaviani Ekawitri

Berasal dari Bontang dan merupakan mahasiswa Psikologi. Sangat menyukai hal yang berhubungan dengan psikologi, agama, seni, pengembangan diri, kuliner, dan Pelayanan Sosial

No comments: