Pages

Kombinasi Keempat Karakter Dasar Manusia


4 kepribadian, sumber gambar: inovationaction.blogspot.com
Pada postingan sebelumnya saya menulis post mengenai Kombinasi Karakter Plegmatis, Sanguinis, Melankolis, Koleris.  Berikutnya saya akan memposting mengenai kombinasi keempat karakter bagian kedua. Bagi anda yang belum mengetahui kombinasi karakter anda, bisa mengikuti Tes Kepribadian

Terdapat empat kepribadian yang terbentuk secara alami pada diri seseorang. Namun dalam konteks ini terdapat dua macam kombinasi kepribadian yang mendominasi kepribadian seseorang. Sebagai contoh dua sifat utama yaitu sanguinis dan koleris, merupakan kombinasi alami karena kedua tipe ini ekstrovert, optimis, dan terbuka. Kombinasi ini menghasilkan individu yang eksis dimana individu ini mendapatkan energi dari berinteraksi dengan banyak orang. Tipe melankolis dan plegmatis merupakan tipe kepribadian introvert, pesimis, dan tertutup. Tipe ini bisa kehilangan energi jika terlalu sering berinteraksi dengan banyak orang (bukan berarti tidak mau bergaul hanya saja tipe ini mudah terkuras energinya bila berinteraksi dengan banyak orang)

Kombinasi lain bisa saja terjadi, seperti koleris dan melankolis atau sanguinis dan plegmatis yang merupakan kombinasi antara optimis dengan pesimis, individu yang berenergi dengan tidak berenergi. Perlu diingat bahwa kepribadian bisa berubah seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang dihadapi oleh seseorang sehingga dapat mempengaruhi dari karakter kepribadian individu tersebut. Hanya saja terdapat kepribadian yang paling dominan yang membentuk karakter seseorang dan dalam konteks ini terdapat kombinasi karakter yang merupakan dua karakter yang paling dominan dalam diri seseorang.

Berikut beberapa kombinasi tersebut:

Koleris-Melankolis 

Individu yang mempunyai kombinasi koleris-melankolis merupakan orang yang sangat fokus pada tugas. Mereka yang masuk dalam kombinasi ini akan menjadi the greatest achiever. Melakukan segala sesuatu dengan cepat dan menginginkan segala sesuatunya berjalan dengan sempurna. Namun terkadang mereka bisa menjadi sosok bossy dan manipulatif ketika sedang putus asa. Individu ini menganggap bahwa tidak ada seorangpun yang berbuat sesuatu dengan benar atau tepat waktu.

Orang yang mempunyai kombinasi koleris-melankolis merupakan orang yang teliti, analitis, kritis, cekatan dan berani. Sisi melankolis mampu menganalisa secara mendalam dan disisi lain koleris menghasilkan sifat yang cekatan sehingga hasil pekerjaannya lebih produktif dibandingkan dengan tipe melankolis biasa, lebih teliti serta lebih memperhatikan detail dibandingkan dengan tipe koleris biasa. Sifat melankolis yang kritis, perfeksionis diimbangi dengan sisi optimis dan cekatan dari sisi koleris membuat orang dengan tipe ini mampu bertindak cepat dan hati-hati serta  produktif. Sifat koleris yang tidak terlalu mempedulikan cara mencapai tujuan akan disempurnakan oleh sifat melankolis yang mengutamakan kualitas hasil pekerjaan dan proses pencapaiannya.

Mereka yang mempunyai kepribadian koleris-melankolis memiliki sifat optimis dalam mencapai tujuan, keras kepala, dan mudah marah. Sisi koleris yang dapat mengambil keputusan dengan cepat dan sisi melankolis yang mengharuskan segala sesuatunya sempurna menyebabkan individu ini bersifat ororiter, sombong, dan tidak merasa membutuhkan orang lain. Hal ini yang merupakan kelemahan dari koleris-melankolis.


Koleris-Sanguinis 

Mereka dengan tipe kombinasi koleris-sanguinis mempunyai kepribadian ekstrovert dan apa adanya. Hal ini berbeda dengan tipe koleris biasa yang terkadang menyembunyikan sisi ekstrovert untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Individu dengan kombinasi ini memiliki sifat yang antusias dan optimis yang tinggi dalam bekerja namun tidak terlalu menuntut atau otoriter seperti tipe koleris biasa atau koleris-melankolis. Disisi lain, mereka mampu bersosialisasi dengan orang lain seperti memotivasi dan memengaruhi orang lain agar sejalan dengan tujuannya.

Kepribadian koleris-sanguinis mempunyai energi yang banyak untuk memulai pekerjaan dan dapat secara konsisten untuk menindaklanjuti pekerjaan tersebut. Orang dengan kepribadian ini mampu menggunakan kekuatannya untuk mengajak orang lain bekerja sama serta dapat menyelesaikan konflik yang terjadi. Selain itu, orang ini punya jiwa kepemimpinan yang baik, mampu berdebat dan melakukan negosiasi dengan baik serta mampu meyakinkan orang lain lewat pendapatnya.

Kelemahan kepribadian ini adalah mudah marah dan sering memaksakan kehendak kepada orang lain. Kemampuan untuk melihat kebenaran dan bersikap objektif dalam suatu permasalahan sangat berbeda dengan tipe koleris-melankolis, hal ini disebabkan bahwa dalam mengambil keputusan tipe ini masih dipengaruhi dengan sudut pandang yang subjektif.  Orang dengan kepribadian koleris-sanguinis ini juga mudah marah, namun juga mudah memaafkan dan melupakannya. Jika dikritik orang lain, mereka akan cenderung berdalih dan tetap tidak mau mengakuinya.

Sanguinis-Koleris 

Tipe kepribadian kombinasi sanguinis-koleris adalah tipe kepribadian yang paling terbuka jika dibandingkan dengan kombinasi kepribadian lainnya. Dengan sifat kepribadiannya yang terbuka, dan optimis membuat orang dengan tipe ini mampu menjadi pemimpin yang hebat tanpa mengorbankan aspek produktifitasnya. Tipe kombinasi ini merupakan pribadi yang mempesona, kreatif, dan berani dalam mengambil keputusan.

Mereka dengan tipe kepribadian  ini mudah dalam menjalin relasi dengan orang lain dan pandai dalam mengambil manfaat dari hubungan baik tersebut. Individu ini terkadang dipandang rendah oleh orang lain karena dianggap banyak bicara dan humoris serta terlalu mudah bergaul dengan orang lain. Namun, tipe koleris yang menyertainya membuat orang ini dapat membalikkan keadaan untuk mencapai tujuan. Orang dengan kombinasi kepribadian ini memiliki energi yang besar untuk mewujudkan tujuan tersebut.

Kelemahan dari kombinasi ini yaitu kurangnya cara berpikir dan keinginan untuk bertidak dengan cara yang benar. Sifat sanguinis yang humoris dipadu dengan sifat koleris yang suka memandang rendah orang lain dapat melukai perasaan orang lain lewat perkataanya. Mereka juga mudah tertekan karena tidak menyukai hal-hal yang detail hal ini disebabkan karena kekurangan waktu dan tugas yang bertumpuk dari waktu ke waktu. 


Sanguinis-Plegmatis


Kepribadian sanguinis-plegmatis menghasilkan individu yang berorientasi pada hubungan. Tipe kombinasi ini merupakan "Teman favorit" semua orang karena sifat sanguinis yang optimis dan sifat plegmatis yang menyenangkan dan santai. Mereka adalah orang-orang yang menggemaskan dengan sifat humoris, selalu santai, dan menerima orang apa adanya Orang bertipe sanguinis-plegmatis biasanya terbuka, optimis, disukai, dan mampu menjalin hubungan baik dengan orang lain. Sisi sanguinis membuat dia kreatif, antusias, ramah, dan dapat menginspirasi orang lain. Sementara itu, sisi plegmatis membuat dia berhati-hati dan sensitif terhadap perasaan orang lain. Dia menghendaki hubungan harmonis dengan orang lain dan berniat menjaga hubungan itu sebaik mungkin.


Orang dengan tipe ini akan cenderung untuk melihat ke dalam dirinya jika mengalami kejadian yang berpotensi mengganggu hubungannya dengan orang lain. Misalnya, jika seseorang berkata, "Kita ternyata tidak dapat mencapai target  bulan ini." Orang dengan kombnasi sanguinis-plegmatis akan berpikir, "Apakah dia marah kepada saya?" Mereka dengan tipe kombinasi kepribadian ini akan jaul lebih peka perasaanya jika dibandingkan dengan tipe lain dan lebih mengutamakan keharmonisan hubungan dengan orang lain. Dari pernyataan tersebut, tipe sanguinis-plegmatis merupakan teman yang paling menyenangkan dibandingkan tipe kepribadian lainnya karena mudah bergaul, kreatif, optimis, penuh perhatian, dan suka membantu orang lain. 

Kelemahannya adalah kurang tegas dalam mengambil keputusan, kurang terorganisir, dan suka menunda pekerjaan. Jika belum menguasai sesuatu cenderung banyak bicara dibandingkan berusaha untuk menguasai. Dalam mengambil keputusan orang dengan kepribadian ini cenderung bertanya dan meminta nasihat orang lain. Terkadang mereka  mengabaikan pandangan objektifnya sendiri karena terdorong keinginan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan hasrat memuaskan semua orang, termasuk menuruti saran-saran yang sebenarnya mungkin saja dalam hati kecilnya dia tidak menyetujuinya. Akhirnya masukan dari orang lain kadang-kadang justru malah semakin membingungkannya dalam mengambil keputusan. Kekuatannya adalah mengajak orang lain bekerja sama dengannya serta menyelesaikan konflik yang ada di antara mereka. 

Sesuai sifatnya, orang tipe sanguinis-plegmatis sangat boros terutama untuk keperluan belanja, bersosialisasi dengan kawan-kawannya karena keinginannya untuk menyenangkan semua pihak. Jika sadar bahwa keuangannya memburuk dan pekerjaannya banyak yang tertunda hal yang dilakukannya hanya mengeluh dan menyalahkan keadaan serta berbelanja lagi.


Melankolis-Koleris 

Tipe melankolis-koleris tergambar pada pemimpin yang menyelesaikan banyak pekerjaan dengan kualitas di atas rata-rata. Namun, ada perbedaan dorongan untuk menyelesaikan pekerjaan antara tipe ini dan tipe koleris-melankolis -- di mana sifat koleris paling dominan dan melankolis adalah dominan kedua. Tipe koleris-melankolis terdorong menyelesaikan pekerjaan karena tantangan, kesempatan, dan tujuan yang ingin diraih, sedangkan tipe melankolis-koleris terdorong karena "keharusan" atau tugas dan kewajiban menyelesaikan pekerjaan.

Sisi melankolis yang ideal dan berorientasi pada kebenaran menyebabkan orang tipe ini sangat baik bekerja pada bidang organisasi sosial dan kemanusiaan, sedangkan tipe koleris-melankolis lebih cocok di bidang bisnis yang profit-oriented karena "sikut-menyikut" dalam bisnis akan dilakukannya dengan senang hati. Sifatnya yang pragmatis dari sisi koleris lebih dominan dan dia berhasrat menang dan menjadi nomor satu di mana saja berada.

Tipe kombinasi melankolis-koleris juga punya bekal mengorganisasi dengan baik seperti halnya tipe melankolis dominan lainnya. Kelemahan lainnya adalah dari sisi melankolis suka menyalahkan diri sendiri dan orang lain serta tidak fleksibel saat berhubungan dengan orang lain. Jika sudah demikian, sisi negatif koleris akan lebih menguatkan sisi melankolisnya, yaitu dengan cara memperketat kontrol terhadap orang yang dipimpinnya dan, jika perlu, menyingkirkan orang-orang yang dianggapnya dapat menghalangi tujuan.

Tipe melankolis-koleris juga lebih tertutup daripada tipe koleris-melankolis. Si Melankolis-Koleris ini juga sangat task-oriented (berorientasi pada tugas).


Phlegmatis-Sanguinis 

Dalam tipe kombinasi kepribadian ini, sisi phlegmatis tetap dominan daripada sisi sanguinis. Orang ini ramah, mudah dan mampu bekerja sama dengan hampir semua orang. Dia mengutamakan keharmonisan hubungan dan menghindari konflik dengan orang lain. Walaupun mudah akrab dengan dengan orang lain, bukan berarti orang ini aktif dan inisatif untuk menjalin hubungan orang lain. Mereka tidak mengekspresikan kebutuhannya secara terbuka untuk bersosialisasi dengan orang lain seperti halnya orang tipe sanguinis murni. Namun, begitu orang ini mulai menjalin hubungan dengan orang lain, sisi sanguinis akan mengambil alih dan dia mudah akrab dan terbuka dengan orang tersebut.

Tipe ini sangat ingin menyenangkan orang lain, dan dia punya kemampuan untuk itu karena dia ramah dan punya selera humor yang bagus. Orang ini akan kecewa jika sering dikritik dan dicap negatif oleh orang lain. Jika demikian, yang dilakukannya bukanlah membalas perlakuan orang tersebut, namun menggandakan daya upayanya untuk menyenangkan orang tersebut agar opini mereka terhadapnya berubah.

Si Phlegmatis-Sanguinis ini menyukai kegiatan yang melibatkan banyak orang atau keramaian. Namun, yang dia sukai bukanlah terlibat di dalamnya, tapi hanya menjadi penonton atau pengamat, seperti menonton film, konser musik, dan sebagainya. Dia lebih suka berada dalam sebuah kelompok kecil daripada keramaian besar seperti yang disukai tipe sanguinis murni yang berpendapat "semakin ramai, semakin meriah, dan semakin baik".

Tipe ini cenderung mengorbankan kesenangannya sendiri demi menyenangkan orang lain atau menjaga keharmonisan hubungannya dengan orang lain. Jika sudah tidak bisa mengorbankan diri lebih banyak lagi, atau tertekan, yang dilakukannya adalah menyendiri, misalnya menonton televisi, bermain game komputer, makan, atau tidur, daripada mengungkapkan secara negatif perasaannya.

Salah satu kelemahan mendasar tipe phlegmatis-sanguinis adalah dalam hal produktivitas kerja. Orang ini cenderung puas jika sudah mencapai prestasi kerja yang sebenarnya jauh di bawah kemampuannya. Pencapaian seperti ini bisa jadi karena kurangnya perencanaan (ingat, tipe sanguinis tidak suka perencanaan jangka panjang) atau mungkin mereka menganggap tantangan yang lebih besar akan merepotkan di kemudian hari. Tipe phlegmatis-sanguinis ini akan tergoda untuk berhenti bekerja apabila hasil akhir pekerjaan tersebut diperkirakan tidak sebanding dengan tenaga yang bakal dikeluarkannya.


Phlegmatis-Melankolis 

Seperti halnya tipe melankolis-phlegmatis, tipe phlegmatis-melankolis juga pribadi tertutup. Artinya, emosi, kegelisahan, dan kegembiraannya tidak diungkapkan secara jelas dan terbuka kepada orang lain. Namun, sifat tertutupnya tidak sekuat tipe kombinasi yang disebutkan pertama.

Orang ini ramah, berpembawaan tenang, dan sangat menghargai hubungan harmonis dengan orang lain. Namun, ada satu hal penting yang perlu diingat. Saat menjalin hubungan dengan orang tipe phlegmatis-melankolis, pertama kali Anda akan sangat terkesan dengan keramahan dan kepribadiannya yang menyenangkan. Namun, berhati-hatilah karena belum tentu apa yang Anda rasakan sesuai dengan suasana hati atau penilaiannya terhadap Anda. Sesuai sifat melankolis yang ada dalam dirinya, orang ini sangat sensitif dan cenderung menilai Anda secara negatif. Namun, sisi phlegmatis tipe kombinasi ini akan lebih "melunakkan" sisi melankolisnya.

Orang tipe ini harus selalu menjaga dan mempertahankan energi, antusiasme, dan motivasi kerjanya sepanjang pekerjaan itu masih dilakukannya sebab mereka mudah terdemotivasi di tengah jalan. Buku-buku motivasi, olahraga, dan kegiatan spiritual akan membantu mereka. Sisi melankolis yang cenderung melihat hal-hal kecil dan detail tidak boleh menghalangi atau menjebak orang ini dalam meraih kesuksesan. Caranya adalah dengan tetap fokus pada tujuan yang lebih besar daripada pekerjaan itu sendiri.

 Si Phlegmatis-Melankolis cenderung sulit menentukan prioritas pekerjaan. Sisi phlegmatis akan menyebabkan mereka sulit menolak atau berkata "tidak" atas permintaan orang lain, walaupun dia sendiri sebenarnya tidak ingin melakukan itu. Itulah sebabnya orang ini sulit bersantai dan pekerjaannya tidak terorganisasi dengan baik.

Referensi buku:
Personality Plus by Florence Littaeur
Panduan Manajemen Otak Untuk Kepastian Sukses by Sutanto Windura


Sumber: cybersurferzone,blogspot.com dengan judul Mungkinkah terjadi kombinasi diantara ke empat temperamen dasar manusia?

Anindya Octaviani Ekawitri

Berasal dari Bontang dan merupakan mahasiswa Psikologi. Sangat menyukai hal yang berhubungan dengan psikologi, agama, seni, pengembangan diri, kuliner, dan Pelayanan Sosial

2 comments:

khulatul mubarokah said...

Saya Koleris yang Sanguinis. Salam kenal dari Yogyakarta. Salam sukses selalu.

maulana said...

Blog nya keren