Pages

Ketika Jatuh Cinta, Pria Berjalan Lebih Lambat?

amirdapir


Dilansir MIZANMAG.COM – Ketika berjalan dengan seorang pria, seorang wanita biasanya selalu tertinggal di belakang. Wajar saja, karena pria memang cenderung untuk berjalan lebih cepat dari wanita. Kecepatan berjalan seseorang ditentukan dari penampilan fisiknya, dan digunakan untuk meminimalisasi pengeluaran energi. Perbedaan fisik antara pria dan wanita, dalam hal ini adalah perbedaan massa dan panjang bagian tubuh bagian bawah antara keduanya, adalah hal yang akan memengaruhi kecepatan berjalan.

Lalu, bagaimana ketika seorang pria berjalan bersama orang lain, khususnya lawan jenisnya? Siapa yang akan mengubah kecepatan, sehingga mereka dapat berjalan beriringan?


Jawabannya, ternyata prialah yang cenderung untuk memperlambat kecepatan berjalan mereka. Untuk mengetahui hal ini, para peneliti dari Seattle Pacific University di Washington mempelajari kecepatan berjalan dari sebelas orang pria dan wanita, baik itu bersama teman pria dan wanita. Mereka juga menilai beberapa hal lainnya, seperti apakah mereka bergandengan tangan atau tidak ketika berjalan bersama.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa ketika berjalan dengan wanita, pria secara signifikan mengubah kecepatan berjalan mereka, agar bisa berjalan beriringan dengan sang wanita. Namun, hal itu hanya berlaku jika ia memiliki perasaan romantis dengan wanita tersebut. Sementara itu, ketika berjalan dengan teman yang berasal dari lawan jenis, pria cenderung untuk tidak mengubah kecepatan berjalan mereka. Di lain pihak, wanita ternyata hanya mengubah sedikit kecepatan berjalan mereka ketika berjalan berdua dengan pasangan.

Dari hasil penelitian, yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE ini, para peneliti menyimpulkan bahwa kaum Adam hanya menyesuaikan kecepatan jalan mereka jika sedang bersama orang yang mereka cintai. Sesuatu hal yang masuk akal, karena secara biologis, pria cenderung untuk menanggung beban lebih besar demi mengakomodasi kekasih mereka. Sistem reproduksi perempuan dapat terganggu ketika mereka harus mengeluarkan energi ekstra, sehingga sudah menjadi insting bagi pria untuk melindunginya, salah satunya dengan menyesuaikan kecepatan jalan dengan sang kekasih hati. [TIME]  

Anindya Octaviani Ekawitri

Berasal dari Bontang dan merupakan mahasiswa Psikologi. Sangat menyukai hal yang berhubungan dengan psikologi, agama, seni, pengembangan diri, kuliner, dan Pelayanan Sosial

No comments: