POCARI SWEAT itu minuman apa?


POCARI SWEAT adalah minuman ringan pengganti cairan tubuh, mengandung elektrolit/ion. Cairan dalam tubuh kita tidak hanya terdiri dari air, tapi juga elektrolit (buktinya : keringat terasa asin). Karena itu, untuk mengganti kehilangan cairan tubuh (antara lain karena berkeringat), minum air saja tidak cukup.

Apa POCARI SWEAT itu semacam energy drink ?
Bukan. POCARI SWEAT tidak memberikan tenaga tambahan seperti energy drink, tapi mengganti cairan tubuh yang hilang, terutama kandungan elektrolitnya. Jadi, kesegaran tubuh karena kekurangan elektrolit bisa diatasi.






Apa POCARI SWEAT itu sama dengan infuse?
Tidak. POCARI SWEAT memang merupakan produk pengembangan dari infuse, namun berbeda kadar dan tujuan penggunaan. Kalau infuse digunakan sebagai obat untuk keadaan gawat darurat dan cara penggunaannya melalui pembuluh darah,sedangkan POCARI SWEAT adalah minuman ringan yang bisa dikonsumsi setiap saat dan melalui saluran pencernaan.

Apa POCARI SWEAT itu sama dengan oralit?
Tidak. Kandungan elektrolit dalam POCARI SWEAT tidak sebanyak dalam oralit, karena tujuan pemakaiannya berbeda. Oralit memang dibuat sebagai obat untuk pertolongan pada diare berat, sedangkan POCARI SWEAT adalah minuman ringan. Namun demikian, pada keadaan diare ringan, POCARI SWEAT dapat digunakan untuk membantu mencegah dehidrasi akibat diare tersebut.

Berapa banyak boleh diminum dalam sehari ?
Tidak ada batasan berapa banyak untuk konsumsi sehari. POCARI SWEAT diminum sesuai dengan kebutuhan. 

Kalau kebanyakan minum POCARI SWEAT apa ada efek samping ?
Tidak ada efek samping sepanjang semua fungsi organ tubuh normal. Kelebihan elektrolit akan dibuang lewat air seni ataupun keringat, sehingga tidak ada masalah.

Apakah POCARI SWEAT bisa bikin gemuk ?
Tidak, karena kandungan kalorinya lebih kecil jika dibandingkan dengan minuman cola atau jus buah dalam kemasan.

Boleh disimpan di lemari es ? 
Boleh, asalkan jangan di dalam freezer (pembuat es). Pada suhu dingin, dikuatirkan akan terjadi penambahan tekanan akibat isi dalam kaleng yang membeku dan tekanan ini dapat menyebabkan kebocoran pada kaleng. Sehingga untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kaleng tidak disarankan untuk menyimpan POCARI SWEAT dalam freezer.

POCARI SWEAT kaleng dengan sachet sama ?
Sama komposisi & kualitasnya, jika 1 sachet dilarutkan dalam 200mL air dingin dan diaduk rata sebagaimana tercantum pada sachet.

Kenapa rasa POCARI SWEAT kaleng & sachet beda ?
Ada beberapa faktor : 
Jumlah air untuk melarutkan 1 sachet POCARI SWEAT tidak tepat 200 mL dan bukan air dingin.
Pengadukan yang tidak merata
Kualitas air yang digunakan beda dengan yang kami gunakan untuk kemasan kaleng.
Misalnya air yang digunakan adalah air PDAM yang mengandung kaporit sehingga bisa mempengaruhi rasa larutan POCARI SWEAT.

Kandungan elektrolit yang tercantum dalam kemasan sachet itu sesudah / sebelum dicampur air?
Sesudah dicampur air (15 gr dalam 200 ml air dingin)

Pada saat buka kaleng seperti ada gas ?
Pada saat pengisian, ditambahkan gas nitrogen untuk menjaga tekanan dalam kaleng supaya kaleng tidak mudah rusak / penyok. Penambahan gas nitrogen ini tidak mempengaruhi isi dalam kaleng itu sendiri karena gasnya tidak bercampur dengan larutan, hanya menempati ruang kosong di bagian paling atas kaleng.

Berapa lama bisa tahan setelah dibuka kalengnya ?
Jika kaleng sudah dibuka, sebaiknya isinya segera dihabiskan walaupun disimpan dalam lemari es. Jika terlalu lama dibiarkan dalam keadaan terbuka, dikuatirkan tercemar oleh bakteri, sehingga tidak terjamin lagi kualitasnya.

Berapa lama expire date untuk kaleng dan sachet ?
Untuk kaleng 1 tahun (sebelum dibuka), untuk sachet 1.5 tahun dalam keadaan belum dilarutkan.

Pakai pengawet ?
Tidak. Faktor penyebab kebusukan adalah adanya bakteri pembusuk yang hidup dengan oksigen. Karena itu, sebelum diisikan kedalam kaleng, larutan POCARI SWEAT sudah dipasteurisasi sehingga bakteri pembusuknya mati. Untuk mengusir oksigen sebagai tempat hidup bakteri, ke dalam kaleng ditambahkan gas nitrogen. Karena kedua factor penyebab kebusukan itu sudah dihilangkan, maka POCARI SWEAT bisa tahan tanpa pengawet.

Berapa isi 1 karton, berapa harganya ?
24 kaleng, harga eceran Rp 3,500 / kaleng (Rp 84,000 / karton). Untuk pembelian dapat langsung ke outlet.

1 kotak isi berapa sachet & berapa harganya ? 
1 kotak isi 5 sachet @ Rp 1,500 (Rp 7,500 / kotak). Untuk pembelian dapat langsung ke outlet.

Kenapa kadang-kadang minum POCARI SWEAT rasanya tidak sama ?
Rasa minuman atau makanan dipengaruhi oleh sensor rasa yang ada di lidah kita (asam, manis, pahit, asam dan asin) dan sensor ini sangat peka terhadap suhu makanan / minuman. Jadi, kalau minum POCARI SWEAT dingin dibandingkan dengan yang kurang dingin, tentunya rasanya menjadi berbeda.

Bagaimana bila diminum setelah lewat tanggal daluawarsa ?
Tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi lewat tanggal daluwarsanya karena kemungkinan sudah terjadi perubahan rasa. 
PENGGUNAAN POCARI SWEAT
A. UMUM

Kapan sebaiknya minum POCARI SWEAT ?
Kapan saja. Saran : pagi sesudah bangun tidur dan malam sebelum tidur supaya badan lebih segar. Selama tidur tubuh juga kehilangan cairan. Akibatnya pada saat bangun tidur tubuh jadi terasa kurang segar. Dianjurkan untuk mengkonsumsi POCARI SWEAT dalam keadaan dingin.

Apa hanya untuk olah raga ?
Tentu tidak. Kapanpun kita kehilangan cairan, baik itu habis olah raga, aktivitas di kantor atau di rumah, cuaca panas atau dalam keadaan sakit (demam, muntah, diare) kita bisa mengkonsumsi POCARI SWEAT.

Boleh diminum bersama dengan obat ?
Boleh

Boleh dicampur dengan minuman lain? Apa efeknya?
Boleh. Tidak memberikan efek apa-apa.

Apa bisa untuk menghilangkan mabuk akibat minum minuman keras / alkohol?
Minuman keras / alkohol bersifat menarik air dalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi. Pada saat dehidrasi, kandungan alkohol menjadi terikat pada darah. Ditambah dengan terjadinya kekurangan pasokan oksigen ke otak menyebabkan kesadaran menjadi terganggu. Hal inilah yang menyebabkan pada keesokan harinya kita bangun dengan sakit kepala. Dengan minum POCARI SWEAT, dehidrasi yang terjadi bisa diatasi sehingga ikatan alkohol dari darah dapat terlepas dan menghilangkan sakit kepala yang terjadi. Jika mabuk yang terjadi sudah parah, dimana si peminum sampai pingsan, maka harus dibantu minum susu untuk menetralisir ikatan alkohol dalam darah.

Setelah biasa minum POCARI SWEAT lalu berhenti. Apa bisa jadi ketagihan?
Tidak akan terjadi ketagihan karena POCARI SWEAT tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan ketagihan, misalnya kafein.
B. PADA ANAK-ANAK

Apakah POCARI SWEAT boleh untuk anak-anak?
Boleh. Mulai usia 6 bulan, jika memang si anak suka maka boleh diberikan.

Apa bisa diberikan untuk anak supaya menambah nafsu makan?
POCARI SWEAT bukan penambah nafsu makan. 

Apa boleh diberikan pada anak yang sedang demam?
Boleh, malah dianjurkan. Saat demam, tubuh anak mengeluarkan keringat, dan hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. POCARI SWEAT dapat mencegah dehidrasi tersebut.

Apa boleh diberikan pada anak yang sedang diare?
Boleh. Namun jika diarenya tergolong berat, tetap harus dibantu oralit.
C. PADA IBU HAMIL & MENYUSUI

Apakah POCARI SWEAT boleh untuk ibu hamil ?
Boleh dikonsumsi dan tidak ada masalah, apalagi dalam keadaan hamil biasanya ibu mudah berkeringat sehingga banyak cairan tubuh yang hilang. Selain itu, POCARI SWEAT juga tidak mengandung soda dan pengawet sehingga aman.

Apakah ada batasan umur kehamilan untuk minum POCARI SWEAT?
Tidak ada. Mulai dari hamil muda hingga hamil tua boleh mengkonsumsi POCARI SWEAT.

Apakah boleh untuk ibu yang sedang menyusui?
Boleh, malah dianjurkan. Karena saat menyusui, ibu-ibu banyak membutuhkan cairan supaya pasokan ASInya mencukupi. Pasokan cairan bisa dari makanan ataupun minuman. Namun kebutuhan elektrolit juga tidak boleh kurang. Karena itu sangat dianjurkan minum POCARI SWEAT.

Apakah boleh dikonsumsi oleh ibu yang habis melahirkan ?
Boleh, malah dianjurkan. Setelah melahirkan, sang ibu tidak hanya kehabisan tenaga tapi juga kehilangan banyak cairan tubuh lewat keringat. Karena itu dianjurkan minum POCARI SWEAT supaya tubuh bisa segar kembali.
D. PADA ORANG DENGAN PENYAKIT TERTENTU

Apakah POCARI SWEAT boleh untuk yang sakit maag ?
Boleh. Jika memang maagnya sedang tidak kambuh, boleh diminum sebelum makan, karena POCARI SWEAT tidak mengandung soda sehingga aman. Namun, jika maagnya memang sedang kambuh, sebaiknya minum POCARI SWEAT sesudah makan, karena kondisi lambung saat maag sedang kambuh lebih sensitive dibanding keadaan normal.

Apakah POCARI SWEAT boleh untuk yang diabetes ?
Penderita diabetes bukan berarti tidak boleh makan gula, namun harus membatasi kalori yang masuk. Jika ingin minum POCARI SWEAT sebaiknya jangan bersamaan dengan waktu makan karena kadar gula darah akan naik secara cepat. Konsultasikan pada dokter / ahli gizi mengenai jumlah dan kapan boleh minum POCARI SWEAT.

Apakah POCARI SWEAT boleh untuk yang diare ?
Boleh. Diare tidak selalu berarti penyakit karena sebenarnya diare adalah mekanisme alami untuk mengeluarkan benda asing (termasuk racun) dari dalam tubuh. Pada saat pengeluaran benda asing itu cairan tubuh juga ikut keluar sehingga tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu, tubuh perlu POCARI SWEAT untuk menggantikan kehilangan cairan tubuh tersebut. Pada kasus diare berat, dimana frekwensi buang air besar bisa mencapai lebih dari 20 kali sehari, terjadi kehilangan cairan tubuh dalam jumlah besar dan hal ini membutuhkan penggantian cairan dengan cepat dan dalam jumlah besar pula supaya tidak terjadi dehidrasi. Pada tahap ini, dimana diare sudah dikategorikan sebagai penyakit, pertolongan yang diberikan harus dibantu dengan oralit.

Apakah POCARI SWEAT boleh untuk orang sakit ginjal ?
Sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Biasanya pada orang yang sakit ginjal (kecuali batu ginjal), makanan dan minuman dibatasi jumlahnya, termasuk air putih.

Apakah POCARI SWEAT memang untuk demam berdarah ?
Pada penderita demam berdarah biasanya terjadi demam dan juga buang air sehingga mereka kehilangan cairan tubuh yang banyak. Akibat dehidrasi inilah yang sering membuat kondisi pasien menjadi tambah parah. POCARI SWEAT menggantikan cairan tubuh yang hilang tersebut sehingga kondisi pasien dapat pulih lebih cepat. Jadi, POCARI SWEAT bukan obat demam berdarah.

Apa boleh diminum oleh orang yang sedang thypus ?
Pada penderita thypus, biasanya mereka mengalami demam tinggi sehingga banyak juga cairan tubuh yang hilang. Kehilangan cairan tubuh ini dapat digantikan oleh POCARI SWEAT. Tapi jika terdapat luka pada lambung, sebaiknya konsultasikan pada dokter kapan dan berapa banyak boleh minum POCARI SWEAT.

Boleh untuk orang yang sakit jantung ?
Sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Bagaimana dengan orang yang mengalami tekanan darah tinggi / hipertensi?
Sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

8 komentar :

yayangazza mengatakan... 1 Juni 2012 18.48

kalau pocarisweet diminum oleh penderita maag atau asam lambung atau gerd boleh atau tidak? takutnya malah asam lambungnya meningkat.

Benymous mengatakan... 24 Agustus 2012 22.32

Terimakasih, ini sangat membantu..

izin copas ke www.gunakan.wordpress.com

Storya mengatakan... 10 Juni 2013 07.12

terimaksih atas infonya :)

Denny Phanthom mengatakan... 21 Agustus 2013 14.15

Ini sangat membantu pengetahuan saya, Terimakasih...

Denny Phanthom mengatakan... 21 Agustus 2013 14.28

Mau tanya, Kasus:Kan saya punya Pocari Sweat yang 2L.. Nah, itu sudah ada 10 hari dan juga sudah dibuka kemasannya... Kan saya minum!
Pertanyaannya: Kok rasanya beda...? Apakah itu berbahaya bagi pencernaan...? Apa boleh di minum...? Atau malah tidak boleh...?
Jelaskan:....???

Terimakasih, saya mohon di jawab ini adalah masalah...

Anindya Octaviani Ekawitri mengatakan... 15 April 2014 08.55

@yayangazza: Saya rasa jangan karena itu nggak baik buat lambungmu.

@Benymous dan Storya, Sama-sama :)

@Denny Phantom: Tergantung, apakah rasanya basi atau bagaimana. Tapi memang sebaiknya setelah kemasan dibuka seharusnya dihabiskan, bila tidak habis maka masukkan di kulkas maksimal dalam kurun waktu 3 hari. terimakasih

Kartika Sari mengatakan... 3 Juli 2014 09.04

iya. saya sama seperti Denny.
setelah 2 hari dibuka rasanya agak berbeda dari biasanya, bahkan saya jadi gatal tenggorokannya dan batuk-batuk.

Gada Bina Usaha mengatakan... 11 Oktober 2014 05.57

Terimakasih infonya

 
Top