Pages

BOTO, Lumba-Lumba Pink Yang Pintar Dari Amazon


Dari lima spesies lumba-lumba air tawar di dunia, Dolphin Sungai Amazon berwarna merah muda, atau Boto, adalah jenis yang paling cerdas. Lumba-lumba yang ramah ini dan memiliki kapasitas otak 40% lebih besar daripada manusia. 



Sejak beberapa tahun yang silam, mamalia ini adalah salah satu spesies perenang paling terancam keberadaannya diantara seluruh lumba-lumba di dunia. Hal ini disebabkan kehancuran dan deforestasi dari hutan hujan (rainforest) di wilayah Amazon dimana mereka tinggal. 


Kebiasaan sosial mereka tidak seperti lumba-lumba berhidung botol yang paling umum dijumpai. Mereka tidak memiliki predator, kecuali untuk “manusia”, sehingga mereka tidak perlu melakukan perjalanan dalam kelompok besar. 

www.AstroDigi.com


Tidak jelas apa penyebab warna unik dari Boto, tetapi adanya sel-sel kapiler pada permukaan kulit mereka mungkin berperan bagi beberapa atau sebagian besar warna lahir mereka. Faktor-faktor lain yang juga menentukan adalah usia, dan juga suhu air dimana mereka tinggal. 

www.AstroDigi.com


Para ilmuwan yang telah mempelajari leluhur botos , tidak menemukan banyak informasi sekalipun mereka menemukan bahwa nenek moyang boto telah memasuki Sungai Amazon melalui Samudera Pasifik sekitar 15 juta tahun lalu. 

www.AstroDigi.com


Boto mempunyai dua warna yang berbeda. Warna pink dan abu-abu. "Para ilmuwan mengatakan bahwa semakin tua lumba-lumba warna mereka menjadi makin pink. Oleh karenanya jika Anda melihat gambar dengan ibu dan bayi lumba-lumba pink, Anda mungkin tidak percaya bahwa bayi berwarna abu-abu adalah anak dari lumba-lumba pink. 

www.AstroDigi.com


Lumba-lumba makan krustasea, (seperti kepiting, dan udang, dll) lele, dan lain ikan air tawar. Leher mereka begitu fleksibel, memungkinkan mereka untuk menolehkan kepala hingga 180 derajat kebelakang. Ini membantu mereka untuk bergerak lebih bebas di wilayah perairan dalam, perairan padang rumput, sungai, dan perairan dangkal. 

www.AstroDigi.com


Mereka memiliki punuk di belakang mereka berbeda dengan lumba-lumba hidung botol yang memiliki sirip di punggungnya. Memiliki moncong memanjang mirip Pinokio, membuat penampilan mereka agak terlihat unik. 

www.AstroDigi.com


Ancaman makhluk indah terbesar ini adalah nelayan dengan jaring mereka. Untungnya, semua lumba-lumba ini mampu bertindak agresif, dan secara naluriah tahu untuk menjauh, jadi mereka tidak banyak tertangkap. 

www.AstroDigi.com


Sebagai binatang dengan kecerdasan tertinggi mereka bisa membedakan antara manusia yang datang dengan jaring yang mengancam keselamatan dengan manusia yang datang dengan persahabatan. 

www.AstroDigi.com


Meskipun . . seperti halnya manusia, mereka bisa saja tidak mengetahui niat jahat yang tersembunyi didalam benak manusia. Dan terkadang naluri mereka juga keliru. Binatang ini sangat ramah dan bersahabat dan juga penolong terhadap manusia. Saat bermain dengan manusia, boto akan sangat berhati-hati hingga gigi-gigi tajam mereka tidak sampai melukai manusia . 

www.AstroDigi.com


Sayangnya hingga saat ini, tidak ada pengujian yang terbuka dan meluas berkaitan dengan kecerdasan lumba-lumba. Meskipun para ilmuwan telah menemukan bahwa rasio massa otak dengan berat badan mereka selisih banyak dibanding lumba-lumba berhidung botol. 

www.AstroDigi.com


Ukuran mereka bervariasi tetapi mereka umumnya bisa mencapai 2,5 atau 3 meter panjang, dengan berat sekitar 90 kilogram. Pejantan umumnya lebih besar daripada betinanya, namun kadangkala Anda juga dapat menemukan betina dengan ukuran yang lebih besar. 



Lumba-lumba sungai mencapai kematangan seksual saat ukuran mereka mencapai 2 meter. Musim kawin mereka adalah antara Juli, dan September. Periode kehamilan mereka adalah antara 9 dan 12 bulan. Lumba-lumba sungai yang masih kecil yang disebut “betis”. Sebutan ini sama seperti lumba-lumba lain di seluruh dunia. 

www.AstroDigi.com


Wilayah Orinoco Amazon, di Amerika Selatan adalah satu-satunya tempat di dunia, dimana Anda dapat menemukan lumba-lumba pink. Makhluk ini benar-benar berada di daftar spesies terancam punah dan kita perlu melestarikan mereka. 

Semoga artikel ini mampu menyadarkan para pembaca mengenai pentingnya menjaga dan melestarikan flora dan fauna. Bagaimana dengan Anda? 



Sumber : http://www.astrodigi.com/2011/08/boto-lumba-lumba-pink-yang-pintar-dari.html

Anindya Octaviani Ekawitri

Berasal dari Bontang dan merupakan mahasiswa Psikologi. Sangat menyukai hal yang berhubungan dengan psikologi, agama, seni, pengembangan diri, kuliner, dan Pelayanan Sosial

No comments: